Radang Gusi (Gingivitis)

Apakah anda sering mengalami gusi berdarah? Itu tandanya gusi anda mengalami peradangan. Cara merawat kebersihan mulut yang tidak tepat sangat mendukung terjadinya peradangan pasa gusi kita. Plak dan bakteri serta karang gigi  adalah faktor lokal yang menyebabkan radang gusi (gingivitis). Selain itu faktor sistemik juga sangat mempengaruhi, adanya penyakit yang diderita seperti diabetes , anemia dan leukimia dapat mengakibatkan adanya peradangan pada gusi.

gusi berdarah

 Peradangan pada gusi terlihat dari permukaan gusi yang licin , konsistensi yang lunak , terlihat adanya kemerahan dan kadang-kadang disertai dengan pembengkakan dan yang sangat terlihat adalah adanya darah saat menyikat gigi. Gingivitis hampir selalu terjadi karena masih adanya plak disepanjang gusi akibat penyikatan gigi yang tidak benar.

Plak merupakan suatu lapisan tipis yang terdiri dari sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi dan bereaksi dengan air ludah , bakteri enxim dan asam dan terbentuk selama lebih dari 72 jam. Gingivitis juga terjadi pada anak-anak, biasanya terjadi saat gigi geraham permanen mulai erupsi. Adanya ruangan dibawah gusi dan gigi yang belum tumbuh sempurna menyebabkan sisa makanan mudah terjebak disana dan menjadi tempat yang potensial untuk perkembangan bakteri. Hal inilah yang menyebabkan gingivitis erupsi membuat anak merasa sakit dan mengganggu anak saat mengunyah makanan.

Baca Juga:  Gigi Lubang Akibat Menggunakan Dot (karies botol)

            Gingivitis ini jelas sangat mengganggu kegiatan kita sehari-hari , ada beberapa cara untuk menanggulanginya yaitu :

  1. Menyikat gigi dengan cara yang benar , untuk anak-anak sebisa mungkin dilakukan pengawasan oleh orang tua saat anak menyikat gigi.
  2. Waktu menyikat gigi yang benar yaitu sesudah makan pagi atau pun makan di siang hari dan malam hari dan juga sebelum tidur malam.
  3. Mengatur pola makan yaitu makan makanan yang berserat dan berair seperti sayuran dan buah-buahan, karena sayur dan buah kaya akan serat yang dapat membersihkan gigi sendiri secara alami sehingga tidak akan terbentuk plak yang dapat menimbulkan peradangan pada gusi.

Sumber :

Sariningsih, endang . 2012 . Merawat Gigi Anak Sejak Usia Dini . Jakarta : PT Alex Media Kompetindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *