Mengenal Pit dan Fissure Sealant

Melakukan pit dan fissure sealant adalah salah satu cara mencegah dan merawat gigi yang sederhana dan tergolong pencegahan awal terhadap gigi berlubang. Selain untuk  pengobatan dan pencegahan penutupan fissure ini juga untuk memperindah estetika atau penampilan gigi. Pit dan fissure adalah suatu cekungan pada permukaan gigi. Keadaan ini pada setiap orang berbeda-beda, ada yang fissurenya dalam ada juga yang tidak. Orang yang memiliki fissure dalam inilah yang perlu dilakukan tindakan pit dan fissure sealant.

Fissure SealantPit dan fissure sealant dilakukan agar di celah dalam pada permukaan gigi tersebut tidak menjadi tempat menyangkutnya sisa makanan. Dimana sisa makanan yang mengangkut dan tidak dibersihkan inilah awal dari terbentuknya gigi berlubang.

Pada usia enam tahun, dimana gigi geraham pertama anak mulai tumbuh adalah waktu yang tepat untuk memeriksakan apakah anak perlu melakukan penutupan pit dan fissure. Terlepas dari itu orang dewasa juga tidak menutup kemungkinan perlu dilakukan penutupan pit dan fissure yang dalam.

Sebagian besar orang takut untuk melakukan penambalan karena suara bur yang nyaring dan menakutkan , namun dalam penutupan pit dan fissure tidak menggunakan bur sehingga akan memberikan rasa nyaman bagi anak yang takut dengan suara gaduh.

Baca Juga:  4 Cara Mudah Mencegahan Penyakit Gigi

Sumber : drg agam ferry erwana ,2013 , seputar kesehatan gigi dan mulut , rapha publishing , jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *