Kebiasaan Anak Menggesekan Gigi Saat Tidur Malam, Bahayakah?

Saat tidur malam beberapa orang memeliki kebiasaan menggesekan giginya sehingga memberika tekanan terhadap gigi tersebut dan menimbulkan bunyi “krrrrrt.. krrrtt..”. Hal ini sering terlihat pada anak pada usia sekolah. Dalam dunia kedokteran gigi hal ini disebut dengan Bruxism.

sleeping

Sleeping

Kurangnya perhatian , kasih sayang, dan rasa nyaman seorang anak adalah salah satu dari beberapa penyebab hal ini bisa terjadi. Untuk mengatasinya harus dilakukan konsultasi kepada psikolog. Selain untuk mengetahui pencetus dari Bruxism ini konsultasi dengan psikolog juga bisa memberikan anda solusi.

Gesekan dengan tekanan keras akan menyebabkan gigi menjadi aus sehingga lapisan email gigi akan terkikis dan anak akan sering mengalami gigi ngilu. Kebiasaan ini yang berlangsung lama juga akan menyebabkan gigi depan bawah menjadi lebih pendek sehingga gigitan anak tidak sesuai untuk gigi rahang atas dan bawahnya atau yang dikenal dengan nama maloklusi. Selain itu hal ini juga dapat mengakibatkan kelainan persendian rahang.

Sumber : drg.Gracianti Afrilina , 2006 , 75 Masalah Gigi Anak dan solusinya, PT Alex Media Komputindo, Jakarta

Baca Juga:  Mengenal Anatomi Dan Struktur Gigi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *