Hamil dan Kesehatan Mulut

1. Munculnya peradangan gusi
Pada masa kehamilan ibu akan mengalami perubahan hormon. Aktifitas hormonal tersebut akan mempengaruhi proses peradangan pada gusi. Peradangan akan mulai terlihat pada bulan kedua masa kehamilan. Namun hal ini hanya bersifat sementara, kemudian kondisi gusi akan membaik pada saat usia kehamilan memasuki bulan kesembilan dan beberapa hari setelah melahirkan.

2. Rasa mual
Adanya reaksi dari mual yang dialami ibu setiap pagi menyebabkan peningkatan asam di dalam mulut. Hal ini dapat meningkatkan resiko gigi berlubang. Karena keadaan asam dapat melarutkan lapisan email gigi.

image

3. Malas menyikat gigi
Keadaam asam dalam mulut akan menyebabkan ibu malas untuk menyikat giginya.

4. Akibat tidak menjaga kesehatan mulut saat hamil

Menurut riset dari journal of Obstetic Gynecology 2010 , peradangan akibat peningkatan hormonal pada masa kehamilan dapat menyebabkan berbagai hal diantaranya yaitu infeksi pada gusi sang ibu dapat ditularkan pada janin melalui placenta.

Bakteri streptococcus mutans yang menjadi penyebab gigi berlubang dapat menyebar dsi sirkulasi darah dan menyebabkan gangguan jantung.

Baca Juga:  5 Masalah Gigi Pada Lansia

Kebiasaan malas menyikat gigi akan mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut ibu dimana dapat mengakibatkan pembengkakan gusi dan gigi yang berlubang. Hal ini akan mempengaruhi asupan nutrisi yang dibutuhkan ibu saat hamil. Kekurangan nutrisi ibu akan mempengaruhi pembentukan gigi janin.

Sumber :
www.kompasiana.com

RelatedPost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *