6 Hal Penting Tentang Bleaching Gigi

Banyak orang memiliki masalah dengan warna gigi yang terlihat kuning. Namun sebenarnya untuk kita orang Indonesia yang sebagian besar memiliki warna kulit gelap, jika gigi kita warna kuning maka akan tetap terlihat putih. Dengan kata lain dengan warna gigi yang sama antara orang berkulit gelap dengan berkulit putih maka akan lebih putih gigi orang yang berkulit gelap.

bleaching gigi

Terlepas dari hal tersebut bagi orang yang merasa terganggu dengan masalah gigi kuning mereka cenderung memilih untuk melakukan perawatan dengan pemutihan gigi atau lazim dikenal dengan Bleaching. Ada banyak hal tentang Bleaching yang harus anda ketahui sebelum melakukannya.

1.Jenis Bleaching

Bleaching dilakukan dengan dua metode, pertama dengan bleaching office dan kedua dengan bleaching home kit. Bleaching dengan metode office dilakukan di praktekan dokter, ada banyak brand yang bagus untuk digunakan dalam motede ini. Kandungan H2o2 (Hydrogen Peroxide) yang aman dalam metode ini berkisar antara 35-40%.

bleaching gigi

Secara umum dokter gigi akan melakukan tindakan scalling atau pembersihan karang gigi terlebih dahulu sebelum memulai bleaching. kenapa? karena jika terdapat stain atau karang gigi dan dilakukan bleaching tanpa dibersihkan maka yang terkena cairan bleaching dan menjadi putih adalah karang gigi anda maka dari itu dilakukan tindakan scalling terlebih dahulu. Setelah dilakukan scalling maka anda akan dipasangkan cheeck protektor untuk melindungi pipi dan mulut dari bahan bleaching, karena bahan bleaching dapat menyebabkan permukaan gusi atau mulut menjadi melepuh. Setelah itu anda akan dipasangkan gingiva protektor atau pelindung gusi, pinggiran gusi anda akan dilapisi gel. Sehingga jika terkena cairan bleaching tidak menyebabkan gusi anda melepuh. Kemudian akan diplikasikan gel bleaching dan dilaser selama kurang lebih 40-60 menit.

Baca Juga:  4 Cara Mudah Mencegahan Penyakit Gigi

bleaching gigiHome bleaching biasanya digunakan untuk memaksimalkan hasil bleaching office. Jadi  setelah melakukan bleaching office dan anda merasa belum cukup putih anda bisa mengkombinasikannya dengan home bleaching seminggu setelah bleeaching office. Pertama anda akan dibuatkan cetakan gigi dan dibuatkan tray bleaching. Sebelum tidur isi tray bleaching tersebut dengan gel dan gunakan selama kurang lebih 6 jam. Kandungan H2o2 dalam metode ini berkisar antara 20-30 %.

 2. Cara Kerja Bleaching

Bleaching sudah diaplikasikan di gigi dan dilaser maka gel tersebut akan membuat pori-pori gigi anda menjadi berlubang sehingga h2o2 dalam gel tersebut dapat masuk kedalam gigi. H2o2 itulah yang menyebabkan gigi anda menjadi putih. Hasil putih ini pun berbeda pada setiap orangnya. Jadi pada dasarnya setiap orang memiliki warna dasar gigi yang berbeda bleaching ini hanya mengembalikan warna dasar gigi anda, jadi jika warna gigi dasar anda tidak terlalu putih maka hasilnya hanya akan membuat gigi anda terlihat bersinar. Semua tergantung bagaimana gigi anda berekasi terhadap gel bleaching tersebut. Hasilnya hanya bertahan antara 3-6 bulan tergantung dari lifestyle anda jika anda merokok dan gemar minum kopi atau teh maka warnannya akan lebih cepat kembali.

Baca Juga:  Mengenal Dental Floss atau Benang Gigi

3. Penderita Gigi Sensitive

Untuk para penderita gigi sensitive lebih baik untuk memikirkan lagi saat berencana melakukan bleaching karena bagi penderita gigi sensitive saat proses dan setelah proses bleaching sensitive yang anda rasakan akan menjadi parah terutama setelah bleaching. Saat gel bleaching membuat gigi anda berporus disanalah sensitive itu akan mulai terasa.

4. Perokok dan Coffee lover

Bagi perokok dan para penggemar kopi anda harus berpuasa selama 2 hari setelah melakukan bleaching karena saat gel bleaching membuat adanya porus di gigi anda dan anda minum kopi atau merokok maka nikotin tersebut akan mempengaruhi warna gigi anda. Namun pori-pori gigi akan menutup kembali setelah 2 hari

5. Hindari makanan berwarna

Selain kopi dan rokok selama 2 hari setelah bleaching anda juga dilarang untuk makan ataupun minum makanan dan minuman yang berwarna seperti wine,soda,spagetti dan makanan yang isi kecap atau saos. Karena hal itu dapat mempengaruhi warna gigi anda.

6. Bleaching aman diulang 6 bulan

Treament ini aman diulang 6 bulan dengan konsentrasi yang terkontrol dan dengan pengawasan dokter gigi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *