Gigi Berlubang

Gigi Berlubang – Apakah anda sering merasa ngilu pada gigi saat minum dingin? Atau sedang merasakan sakit gigi cekot-cekot sehingga tidur anda terganggu? Itu menunjukan bahwa anda mengalami gigi berlubang. Salah satu penyebabnya mungkin anda tidak mengetahui cara merawat gigi yang benar. Gigi berlubang dapat menyerang siapa saja.

gambar gigi berlubangGigi berlubang diawali saat kita makan, makanan yang manis dan melekat seperti coklat , permen atau donat. Sisa dari makanan ini yang tidak dibersihkan akan bercampur dengan bakteri dalam plak yang akan menghasilkan zat asam yang dapat mengikis email gigi. Pengikisan lapisan email ini adalah tahap awal dari gigi berlubang, yang umumnya  dengan warna hitam pada permukaan gigi. Gigi geraham menempati urutan pertama gigi yang mudah terkena gigi berlubang karena adanya ceruk dan fissura.

Seperti yang kita ketahui gigi memiliki beberapa lapisan yaitu email, dentin dan pulpa, saat lubang gigi mencapai lapisan email tidak terdapat keluhan berarti. Namun jika lubang sudah mencapi dentin akan terasa ngilu saat makan dan minum khususnya minum dingin. Jika keadaan ini terus diabaikan maka lubang gigi akan meluas hingga ke pulpa dimana pada pulpa ini terdapat pembuluh darah dan limfe. Saat keadaan ini berlangsung maka akan terasa sakit yang spontan (tanpa adanya rangsangan) dan sakitnya seperti cekot-cekot dan disertai dengan keluhan tidur malam yang terganggu.

Baca Juga:  Mengenal Pit dan Fissure Sealant

Gigi berlubang yang didiamkan dan tidak dirawat akan menjadi sumber infeksi, bakteri kemudian akan menghancurkan seluruh lapisan pulpa , terkadang sampai tidak ada jaringan pulpa yang masih hidup. Keadaan ini dapat memicu terjadinya pembengkakan pada ujung akar gigi , yang berbentuk kantung yang mengandung jaringan lunak , bakteri, nanah dimana racunnya dapat masuk dan mengalir pada aliran darah.

Kesimpulan :

Gigi berlubang disebabkan oleh bakteri yang membentuk asam dan mengikis lapisan gigi, gigi geraham paling sering mengalami lubang. Lubang pada gigi dapat mengikis semua lapisan gigi jika didiamkan

Sumber

Sariningsih, endang . 2012 . Merawat Gigi Anak Sejak Usia Dini . Jakarta : PT Alex Media Kompetindo

RelatedPost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *