8 Kebiasaan Buruk Anak yang Merusak Gigi

Setiap orang memiliki hal-hal yang biasa dilakukan sehari-hari, baik berupa kebiasaan makan , bicara bahkan tidur. Semua kebiasaan tersebut berbeda pada setiap orang. Sebagian orang tidak mengetahui bahwa kebiasaan mereka adalah kebiasaan buruk yang dapat merugikan jika dikaji dari segi kesehatan.

            Kebiasaan seseorang diawali saat mereka masih anak-anak , mengetahui kebiasaan anak yang buruk sejak dini dapat mencegah kerusakan yang terjadi saat mereka dewasa nanti. Dengan melakukan hal tersebut seseorang dapat merawat gigi anak lebih baik sehingga kesehatan gigi anak dapat terjaga. Adapun beberapa kebiasaan buruk anak ini dapat merusak gigi anak , yaitu :

1. Tidur dengan botol susu

tidir dengan botol susuKebiasaan memberikan susu atau minuman manis dalam botol kepada anak saat malam hari menjelang tidur hingga anak tertidur harus dihentikan. Air susu yang tertinggal dalam mulut dan menempel lama pada gigi akan dapat meningkatkan peluang terjadinya gigi berlubang.

2. Menghisap jari

menghisap jariKebiasaan menghisap ibu jari dapat menimbulkan maloklusi atau gigitan gigi yang tidak tepat mengenai gigi bawah atau atasnya. Keparahan terhadap maloklusi ini tergantung dari lamanya kebiasaan dilakukan , intensitas dan frekuensi menghisap.

Baca Juga:  Mengenal Dental Floss atau Benang Gigi

3.Menahan makanan dalam mulut

Menahan makanan dalam mulut dapat menyebabkan terjadinya karies rampan

4. Menggigit atau menghisap bibir bawah

Kebiasaan anak untuk menggigit dan menghisap bibir bawah dalam waktu lama dapat mendorong gigi depan rahang atas menjadi maju (tonggos) dan berdesakan

5. Menggigit benda keras

gigit pensilAnak yang memilki kebiasaan menggigit benda keras seperti kuku , pensil , tusuk gigi , jepit rambul dll dapat mengebabkan gigi seri berputar sehingga letaknya menjadi miring.

6.Menggigit dot

Kebiasaan anak menggigit dot akan menyebabkan gigi agak maju ( tonggos )

7.Menjulurkan lidah

Kebiasaan menjulurkan lidah dapat menyebabkan gigitan terbuka dan gigi-gigi depan menjadi tonggos

8.Bernapas melalui mulut

Anak dengan kebiasaan bernapas melalui mulut akan memiliki gigi-gigi atas dan bawah yang tonggos

Kesimpulan : kebiasaan buruk yang merusak gigi yaitu tidur dengan botol susu , menghisap jari , menahan makanan dalam mulut , menggigit atau menghisap bibir bawah , menggigit benda keras , menggigit dot ,  menjulurkan lidah dan bernapas melalui mulut

Sumber :

Sariningsih, endang . 2012 . Merawat Gigi Anak Sejak Usia Dini . Jakarta : PT Alex Media Kompetindo

Baca Juga:  Diet Golongan Darah

Sumber : Susanto, Grace W MI . 2011. Terapi Gusi untuk Kesehatan dan Kecantikan. Jakarta : Erlangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *