6 Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Bumil

Masa kehamilan adalah masa paling diidamkan semua wanita. Setiap orang memiliki keunikan tersendiri saat menjalani kehamilannya. Namun hampir semua wanita pasti merasakan morning sick atau mual di pagi hari , tidak banyak yang mengetahui bahwa morning sick tersebut memiliki dampak bagi kesehatan gigi dan mulut ibu.

mual

Mual dan Pusing Saat Kehamilan

Adapun beberapa masalah tersebut adalah adanya pembengkakan gusi akibat dari perubahan hormonal, meningkatnya resiko terjadi gigi berlubang akibat keadaan rongga mulut yang menjadi asam karena morning sick yang dialami sang ibu. Selain itu juga memburuknya kebersihan gigi dan muulut, keadaan asam dalam mulut ditambah intensitas mual yang  mungkin mengganggu sang ibu malas menyikat gigi.

Seperti yang kita ketahui bahwa mulut adalah pintu utama masuknya makanan sehingga kesehatan gigi dan mulut sangat mempengaruhi kesehatan gizi seseorang. Termasuk pada ibu hamil dimana jika permasalahan tadi didiamkan maka akan mempengaruhi kesehatan janin ibu. Di khawatirkan ibu akan kekurangan  asupan gizi yang akan mengganggu perkembangan janin.

Baca Juga:  4 Penyebab Gigi Berantakan

Percayalah bahwa mencegah lebih baik dari mengobati sehingga disini terdapat beberapa tips untuk ibu hamil untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

1Kumur air garam hangat

Berkumurlah jika anda sering muntah pada saat hamil. Agar kuman di rongga mulut dapat dinetralkan dan membuat anda lebih nyaman dengan keadaan mulut.

2.Menyikat gigi

Ingatlah untuh rajin menyikat gigi minimal 2x sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur

3.Waspada obat kumur

Jika anda ingin menggunakan  obat kumur sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan dan ke dokter gigi. Serta bacalah pedoman dalam obat kumur tersebut tentang kontraindikasi untuk ibu hamil.

4. Memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur

Sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin c akan memperkuat gusi sehingga peradaan dapat dicegah, kemudian vitamin b12 juga baik untuk mempercepat penyembuha dan meningkatkan imu nitas tubuh

5. Penuhi kebutuhan kalsium

Untuk kebutuhan harian seseorang memerlukan 400mg sedangkan saat seorang wanita hamil diperlukan 1.400mg kalsium untuk melindungi janin. Seorang ibu dengan kebutuhan kalsium yang terpenuhi akan melahirkan bayi dengan resiko hipertensi yang rendah. Adapun sumber kalsium tersebut yaitu dari ikan salmon, keju, yougurt dan susu. Bahkan jika perlu bisa juga ditambahkan dengan mengkonsumsi suplemen.

Baca Juga:  8 Alasan Menggunakan Kawat Gigi

6. Jangan menunda ke dokter

Saat terjadi masalah dengan kesehatan anda saat dalam masa kehamilan, jangan sungkan dan menunda untuk ke dokter . Lakukan konsultasi dan perawatan sesuai indikasi baik ke dokter kandungan ataupun ke dokter gigi.

Artikel Terkait:

6 Hal Penting Tentang Bleaching Gigi Banyak orang memiliki masalah dengan warna gigi yang terlihat kuning. Namun sebenarnya untuk kita orang Indonesia yang sebagian besar memiliki warna k...
8 Alasan Menggunakan Kawat Gigi Susuanan gigi dan bentuk rahang sangat berpengaruh terhadap bentuk wajah dan kesehatan seseorang. Susunan gigi yang rapi dan senyum yang indah akan me...
5 Cara Mencegah Bau Mulut 5 Cara Mencegah Bau Mulut - Berkomunikasi adalah salah satu hal penting dalam bersosilisasi. Komunikasi langsung dengan teman , rekan kerja atau kelua...
Mengenal Dental Floss atau Benang Gigi Belum banyak masyarakat memiliki kebiasaan menggunakan benang gigi. Hal ini mungkin juga karena flossing (membersihkan sela gigi dengan benang gigi)  ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *