5 Masalah Gigi Pada Lansia

lansia Penuaan adalah hal alami yang akan dirasakan oleh semua orang, akan terjadi perubahan baik fisik maupun psikis seseorang. Penuaan juga membawa berbagai macam penyakit yang kerap disebut sebagai “penyakit tua” oleh orang-orang. Jika terlihat dari luar penuaan dapat dilihat dari kulit yang mulai keriput , berkurangnya lemak dan otot-otot mengecil. Berbagai perubahan akan terjadi pada saat seseorang menjalani masa penuannya termasuk pada giginya. Untuk merawat gigi kita saat tua nanti beberapa hal berikut dapat memberikan tanda bahwa anda sedang mengalami penuaan jika dilihat dari segi kesehatan gigi.

  1. Gigi goyang

Pada usia tua terjadi penurunan dan penarikan lendir mulut dan gusi sehingga menyebabkan gigi menjadi goyang.

  1. Ompong

Goyang gigi karena penurunan gusi ditambah dengan timbulnya penyakit-penyakit periodontal akan memudahkan gigi untuk tanggal, sehingga menjadi ompong.

  1. Gigi keropos

Sering dijumpai pada orang tua saat makan makanan yang keras gigi patah dengan sendirinya , sehingga akan meninggalkan sisa akar. Hal ini terjadi karena adanya pengambilan deposit kalsium oleh gigi dan menyebabkan gigi menjadi keropos.

  1. Susah makan
Baca Juga:  4 Resiko Pemutihan Gigi

Hilangnya gigi dan kekuatan otot untuk mengunyah yang cenderung menurun menyebabkan susah dalam mengkonsumsi makanan, sehingga orang tua kebanyakan kehilanggan napsu makannya.

  1. Pengucapan kata yang kurang jelas

Dengan hilangnya gigi-gigi pada orang tua juga akan mengalami kesulitan dalam berbicara , karena kata-kata akan terdengar tidak jelas dan disertai suara berdesis.

Kesimpulan : Lima hal yang dijumpai pada orang tua yaitu , gigi goyang , ompong, gigi keropos , susah makan , dan pengucapan kata yang kurang jelas

Sumber :

Susanto, Grace W MI . 2011. Terapi Gusi untuk Kesehatan dan Kecantikan. Jakarta : Erlangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *